SISTEM AKUNTANSI

SISTEM AKUNTANSI

Nama   :  Meilisa Tria Ardina

NIM    : A.210090128

  • BAGAN ALIR (FLOWCHART) SISTEM PENJUALAN KREDIT
  • Uraian Kegiatan ( Operation List ) Sistem Penjualan Kredit
  1. 1.      Bagian Order Penjualan

a)      Menerima surat Order dari Langganan

b)      Mengisi surat order pengiriman sebanyak 9 lembar dan didistribusikan, sbb:

  • Lembar 1      : merupakan surat order pengiriman yang diserahkan ke Bagian Gudang untuk menyiapkan barang yang dipesan oleh langganan.
    • Lembar 2&3:  merupakan surat muat (bill of lading) yang dipakai sebagai bukti penyerahan barang kepada perusahaan angkutan umum.

Lembar 2 surat order pengiriman merupakan surat muat yang dimintakan tandatangan dari perusahaan angkutan umum untuk kemudian dilampirkan pada surat order pengiriman lembar yang dipakai sebagai dasar pembuatan faktur penjualan.

Lembar 3 surat order pengiriman merupakan surat muat yang diberikan kepada perusahaan angkutan umum sebagai surat penyerahan barang.

  • Lembar 4      : mrpkn perintah pengiriman kepada Bagian Pengiriman  Barang.
  • Lembar 5      : mrpkn Slip Pembungkus (Packing slip)
  • Lembar 6      : mrpkn Surat Pengakuan (acknowledgement copy) yg dikirimkan kpd pembeli yg berisi pernyataan telah diterimanya pesanan dr langganan.
  • Lembar 7      : mrpkn tembusan kredit yang dikirimkan ke Bagian Kredit untuk meminta otorisasi penjualan kredit .
  • Lembar 8      : merupakan tembusan indeks silang yang disimpan menurut abjad , untuk melayani pertanyaan dari langganan.
  • Lembar 9      : tembusan pengawasan pengiriman ( sales order follow-up copy ) yang diarsipkan menurut tanggal pengiriman yang direncanakan.

c)      Menerima otorisasi kredit ( surat order pengiriman lembar ke 7 ) dari bagian Kredit

d)     Menyimpan surat order dari langganan dan surat order pengiriman lembar ke 7 ke dalam arsip pengawasan pengiriman, bersama dg surat order pengiriman lbr 8.

e)      Menerima surat order pengiriman lembar 1 & 2 (surat muat) dr Bagian pengiriman Barang stlah Bagian ini Mengirimkan barang ke Langganan

f)          Mencatat tanggal pengiriman dan jumlah barang yang dikirim  dalam surat order pengiriman lembar 9 ( arsip pengawasan pengiriman,dan memindahkan surat order pengiriman lembar ke 9 ke arsip order yang telah dipenuhi ( filled order file ).

g)      Mengirimkan surat order pengiriman lembar 1 & 2 ke bagian Penagihan.

  1. 2.      Bagian Kredit

a)      Menerima surat order pengiriman lembar ke 7 dari Bagian Order Penjualan.

b)      Memeriksa status kredit langganan.

c)      Memberi otorisasi penjualan kredit pada tembusan kredit.

d)     Menyerahkan kembali surat order pengiriman tersebut ke bagian Order penjualan.

  1. 3.      Bagian Gudang

a)      Menerima surat order pengiriman lbr ke 1 dari Bagian Order Penjualan.

b)      Menyiapkan Jenis dan Kuantitas barang sesuai dengan yang tercantum dalam surat order pengiriman lembar ke 1.

c)      Mencatat surat order pengiriman ke dalam Kartu gudang.

d)     Menyerahkan barang ke bagian pengiriman bersamaan dengan penyerahan surat order pengiriman lembar ke 1.

  1. 4.      Bagian Pengiriman Barang

a)      Menerima surat Order pengiriman lbr ke 2 & 3 (bill of lading), lbr ke4 (utk arsip Bagian  Pengiriman Barang) dan lbr ke 5 (slip pembungkus)

b)      Menerima surat order pengiriman lbr ke 1 dari Bagian Gudang bersamaan dengan penerimaan barang

c)      Membungkus barang dan menempelkan surat order pengiriman lbr ke 5 sebagai slip pembungkusan

d)     Menyerahkan barang kepada perusahaan angkutan umum disertai surat muat ( surat order pengiriman lembar ke 3 )

e)      Memintakan tanda tangan penerimaan barang pada surat muat (surat order pengiriman lembar ke 2) dari perusahaan angkutan umum

f)          Mendistribusikan surat order pengiriman

  1. 5.       Bagian Penagihan

a)      Menerima surat order pengiriman lembar 1 & 2 (surat muat) dari Bagian Pengiriman Via Bagian Order Penjualan

b)      Membuat faktur penjualan & mendistribusikannya

  1. 6.      Bagian Piutang

a)      Menerima faktur penjualan lbr ke 2 dan Surat order pengiriman lembar ke1 dan ke 2 (surat muat) dari bagian Penagihan

b)      Mencatat faktur penjualan lbr ke 2 ke dalam kartu piutang

c)      Mengarsip faktur penjualan lbr ke 2 dan surat order pengiriman lembar ke 1 & 2 (surat muat) sesuai no. urut faktur

  1. 7.      Bagian Kartu Persediaan dan kartu Biaya

a)      Menerima faktur penjualan lbr ke 3 dari Bagian Penagihan

b)      Mencatat faktur Penjualan lbr ke 3 dari Bagian Persediaan

c)      Mengarsip Faktur penjualan lbr ke 3 menurut no. urut faktur

d)     Secara periodic (mis: setiap akhir bulan ) membuat Rekapitulasi harga pokok Penjualan slama periode tertentu berdasarkan data harga pokok produk yang dijual dalam kartu persediaan.

e)      Membuat bukti memorial sebagai dasar pencatatan harga pokok produk yang dijual slama periode brdsrkn rekapitulasi HPP

f)          Menyerahkan bukti memorial yg dilampiri dg rekapitulasi HPP ke bagian Jurnal, Buku Besar, dan Laporan

  1. 8.      Bagian Jurnal, Buku Besar, dan Laporan

a)      Menerima faktur penjualan lembar ke 4 dr Bagian Penagihan

b)      Mencatat Faktur penjualan lembar ke 4 ke dalam Jurnal Penjualan

c)      Mengarsipkan faktur penjualan lbr ke 4 mnrt nomornya

d)     Menerima bukti memorial dilampiri dengan rekapitulasi HPP dari Bagian kartu Persediaan & Kartu Biaya

e)      Mencatat Bukti Memorial ke dalam jurnal umum dengan jurnal sbb;

Harga Pokok Penjualan        xx

Persediaan                   xx

f)         Mengarsip bukti memorial yg dilampiri dg Rekapitulasi HPP brdskn urutan no. Bukti memorial.

Leave a comment