PENDIDIKAN NASIONAL yang BERMORAL

PENDIDIKAN NASIONAL yang BERMORAL

Kejar Deadline nih Guys….

Maklumlah semester tua ….

 Maaf maaf nih buat pak dosen juga kalo judul nya bersumber dari beberapa artikel yang pernah dibaca ..

Tapi menurut saya penting hlo kita tahu arti penting Pendidikan nasional ..
ciieee bicaranya dah lingkup nasional nie …
ilmu tinggi dong.Hahahaaaaa…..

Ga perlu berilmu tinggi juga kali yang penting kan kita tahu ajah toh saya juga tahu dari beberapa artikel doang kok …
nah berikut juga saya dapat dari berbagai artikel mengenai Pendidikan Nasional.

Pendidikan Nasional apa itu…..??

Pendidikan nasional adalah suatu sistem yang memuat teori praktek pelaksanaan pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh filsafat bangsa yang bersangkutan guna diabdikan kepada bangsa itu untuk merealisasikan cita-cita nasionalnya.
Pada saat ini,banyak kita tau generasi muda sangat mudah emosi dan lebih mengutamakan otot daripada akal pikiran.(bener kagak tuh )

Banyak kita lihat dalam siaran televise sebagai contoh tawuran terjadi tidak hanya pada pelajar SMP dan SLTA tapi sudah merambah dunia kampus.

Kalo SMP ,SMA mereka lagi getol getol nya(bahasa mana tuh Getol hahahaaaaa maksudnya yang lagi semangat semangatnya ) tuh suka kalo ama yang begituan ..
ada kalanya tuh istilah yang mereka pakai “ Senggol Bacok “ ( Waduh ngeri juga istilah nya),sedangkan dari dunia kampus tuh sering kita liat juga di  Televisi ( ya maklum lah kalo anak kampus yang Kost hibutannya adanya Mp3 sama televisi kadang juga Cuma main game di Komputer atau malah HP.hehehheeeeee)Atau jarng kita melihat demonstrasi yang santun dan tidak menggangu orang lain baik kata-kata yang diucapkan dan prilaku yang ditampilkan.( tapi pernah ada hlo yang begituan di luar negeri kalau ga salah di jepang apa china gitu,akh pokoknya matanya sipit ) Selalu saja demonstrasi dilaksanakan dengan kata-kata yang kotor,dan perbuatan yang merugikan orang lain.

Beberapa bulan lalu sering tuh kita lihat kasus Universitas Hasanudin di makasar tawuran ampe segitu parahnya.ga tanggung tanggung itu menjadi masalah Nasional dalam dunia pendidikan …

Selain itu, berita-berita mengenai tindakan pencurian kendaraan,penguna narkoba atau bahkan pengedar,pemerasan dan perampokan yang hampir setiap hari mewarnai tiap acara-acara TV yang ada,dan sebagian besar pelakunya adalah pelajar.( contoh lain yang baru baru masih hangat nih dari Klewang di pekan baru).

Semua ini jadi tanda tanya besar kenapa hal tersebut terjadi???

Apakah dunia pendidikan sudah tidak mengajarkan norma-norma atau tata kelakuan untuk bersosialisasi dalam masyarakat? Atau inikah hasil dari sistim pendidikan kita selama ini ? Bukan kah kita seharusnya bersyukur nih dapat menuntut ilmu sampai jenjang yg lebih tinggi ..

Orang tua kita apakah mengharapkan kita menjadi seperti itu..???

Bukankah kita sering mendengar pepatah “ Tuntutlah Ilmu sampai ke Negeri Cina”..

Tetapi buat apa kita belajar sampai ke negeri tersebut jika perilaku moral kita tetap sama saja masih Nol..

Kita di sekolahkan dengan biaya yang tidaklah murah dalam pendidikan di Negara Indonesia ini sedangkan perilaku seorang pelajar layaknya seperti itu ..

Dilain pihak, tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme yang membuat bangsa ini morat-marit dengan segala permasalahanya baik dalam bidang keamanan, politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan. Apakah yang terjadi di tahun yang akan dating??? Jika hal ini tidak cepat diatasi?
Nah,ada salah satu solusi yang dapat dilakukan,yaitu dengan adanya Pendidikan Nasional yang bermoral.
Kita dan saya khususnya,sebagai Generasi Muda sangat perihatin dengan keadaan generasi penerus atau calon generasi penerus. Sebab jika dilihat banyak generasi muda yang bertingkah laku diluar nalar

pendidikan nasional yang bermoral.
Pendidikan pada hakikatnya adalah alat untuk menyiapkan sumber daya manusia yang bermoral dan berkualitas unggul. Dan sumber daya manusia tersebut merupakan refleksi nyata dari apa yang telah pendidikan sumbangankan untuk kemajuan atau bahkan kemunduran suatu bangsa. Apa yang telah terjadi pada Bangsa Indonesia saat ini adalah sebagai sumbangan pendidikan nasional kita selama ini. Namun pada kenyataannya,pendidikan saat ini telah mengesampingkan banyak hal,seharusnya pendidikan nasinal mampu menciptakan pribadi yang bermoral,mandiri,jujur,berakhlak mulia,dan mementingkan kepentingan bangsa bukan kepentingan pribadi.

Namun apa??? Pejabat yang seharusnya menjadi panutan kita saja melakukan tindakan KKN. Yang mementingkan diri sendiri.
Jadi kesimpulannya: Penddikan nasional entah itu pendidikan formal,informal maupun nonformal,harus benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan tujuan. Selain itu,dari pihak luar pun juga seharusnya mendukung adanya pendidikan nasional dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak patut dicontoh oleh publik.

Hal ini pula yang harus menjadi renungan kita bersama ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s