Dasar Pendidikan & Pendidikan Dasar

dasar pendidikan

Selamat malem nie temen temen Bloger semua ….

ketemu lagi nie dengan artikel baru,yah masih dengan tema pendidikan coz tugas dari kampus gitu sih dapet temanya pendidikan …

maklum lah kejar target penyelesaian tugas anak kampus nie …🙂

toh rasanya juga ga kan bakal pernah ada habisnya jika kita bahas secara tuntas mengenai masalah pendidikan di Negara tercinta kita Indonesia Ini ….:D

Hmmt kali ini saya mengambil judul mengenai dasar Pendidikan ..

mungkin juga ada artikel lain dengan judul yang sama, yaaa gapapa lah namanya juga kreatifitas sendiri sendiri ..

Karena Pendidikan sangat penting dan berharga dalam hidup ini juga dalam kehidupan sehari hari maka demi itulah sebabnya orang tua kita berani berkorban apa saja demi pendidikan anak-anaknya untuk memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas.

mereka bekerja “membating tulang” dan bekerja “memeras keringat” demi anak anaknya .

Bukan kah sering kita dengar kata orang orang tua Jawa “anake sesuk ben ora kaya wong tuwone”( Anak anaknya nanti biar tidak sama dengan orang tuanya) ,mereka berharap kelak anak anaknya dalam kehidupan mendatang akan lebih maju dari pada mereka,terutama dalam hal pendidikan juga.Tetapi karena sangat pentingnya pendidikan itu juga yang mungkin menyebabkan biaya pendidikan di negeri kita teramat tinggi. Dan oleh Karena biaya pendidikan terlalu tinggi menyebabkan banyak anak-anak yang putus sekolah atau bahkan tidak mampu untuk bersekolah. Jadi pendidikan sembilan tahun digratiskan dari pemerintah untuk masyarakat.

Hmmmt kalau begitu mari kita mulai ajah mengenai Pendidikan Dasar..

Pendidikan dasar terdiri dari dua kata yaitu “pendidikan” dan “dasar”.

Diketahui sangat banyak definisi pendidikan:

Mungkin di sebelumnya telah ada definisi dari pendidikan tetapi tidak ada salahnya juga kan guys jika kita tau definisi pendidikan yang lebih banyak lagi ….??
tergantung kita sependapat dengan yang mana itu tergantung diri kita masing masing guys ..

Nah berikut juga ada sumber lain yan saya temukan guys tentang Pengertian Pendidikan ..

Yang pertama yaitu Menurut bangsa Yunani pendidikan adalah ilmu menuntun anak.

Nah loh dari bangsa jaman kerajaan Yunani ajah mereka udah bias mengartikan tentang pendidikan ….

Bangsa Jerman melihat pendidikan sebagai Erziehung yang setara dengan educare, yaitu : membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan kekuatan/potensi anak.

Ckckckckck bahasa jermannya pendidikan susah juga yah bacanya😀

Sedangkan Dalam bahasa Jawa sendiri, pendidikan berarti panggulawentah (pengolahan), mengolah,  pikiran, kemauan dan watak, mengubah kepribadian sang anak.

Kalo menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan berasal dari kata dasar didik (mendidik), yaitu : memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan pendidikan mempunyai pengertian : proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan, cara mendidik.

Pendidikan Dasar berarti proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.

Rumusan yang semestinya dibahas adalah bagaimana meletakkan ”dasar pendidikan” karena dasar pendidikan lain dan berbeda arti dengan pendidikan dasar.

Dasar pendidikan adalah meletakkan pondasi yang kokoh bagi setiap masyarakat untuk dapat melakukan perubahan sikap dan tata laku dengan cara berlatih dan belajar sehingga meski sudah selesai sekolah akan tetap belajar.

Jadi walaupun kita udah selesai sekolah kita masih bisa belajar kok guys ..
kan belajar bisa dimana ajah ,kapan ajah ….

Belajar banyak sarana dan medianya juga ko ..

kita juga bisa belajar dari pengalaman ,kan tidak semuanya Ilmu itu kita dapat dari bangku sekolah …

dulu waktu sekolah jaman jaman Sekolah dasar atau SMP kan sering tuh  kita tempel dalam ruang kelas bahwa “ Buku adalah Jendela Ilmu .” ..

emang bener tuh guys dari buku kita bisa tau banyak tentang banyak hal ..

contoh kecilnya ajah nih, Waktu kecil kan ada nih yang sebagian dari kita yang sebelum tidur ajah mesti minta di ceritain dongeng untuk pengantar tidur .

ada mungkin yang minta dongeng sangkuriang yang durhaka sama ibunya,terus cerita candi prambanan ada banyak lagi tuh..

nah tanpa kita sadar dari dongeng yang sehari harinya hanya bisa bikin ngantuk biar cepet tidur sebenernya itu adalah Pelajaran juga guys. Ada makna yang biasa terakhir disampaikan oleh orang tua kita di akhir ceritanya ( mungkin kita udah tidur duluan) bahwa kita ga boleh membantah dan mendurhakai orang apa lagi orang tua .( Itu seperti contoh sangkuriang ) ..

hmmmt rasanya cukup sudah ini pembahasan mengenai pendidikan Dasar dan Dasar Pendidikan secara singkat ..
mungkin dilain kesempatan ada waktu lagi buat memperpanjang judul ini ..

hehehheeeee……😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s